Monday, November 5, 2012

Cara Menginstall WordPress di Localhost

Setelah sebelumnya saya posting bagaimana cara membuat blog di wordpress.com secara online sekarang saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah Blogging secara offline. Loh bagaimana bisa??selain online blogging, wordpress juga menyediakan CMS yang memungkinkan sobat Hunter mengisntall dan menjalankan wordpress di localhost dan selanjutnya di upload ke web hosting. Tapi untuk saat ini belum sampai pada tahap meng-upload wordpresske Web Hosting.

Langsung saja berikut langkah-langkahnya :
Menyiapkan bahan- bahan diantaranya :
1. XAMPP untuk server di PC/Laptop sobat Hunter, bisa sobat Hunter download di sini
2. CMS Wordpress terbaru yang bisa sobat Hunter download Di sini

Setelah sobat Hunter download, install XAMPP pada PC/Laptop sobat Hunter. Secara default XAMPP akan diinstall pada drive C:\

Setelah selesai proses installasi, silakan buka XAMPP Control Panel. Kemudian XAMPP control Panel Application akan muncul di pojok kanan bawah layar komputer sobat HunterBiasanya nanti muncul XAMPP Control Panel di pojok kanan bawah layar komputer sobat Hunter. Aktifkan menu Apache dan MySQL dengan me-Klik Start

Jika Firewall memblokirnya, Klik allow access agar Apache dan MySQL bisa dijalankan. 

Kemudian buka browser sobat Hunter, pada address bar ketikkan “localhot” tanpa petik.

Pada menu XAMPP ada berbagai pilihan bahasa, tapi sayangnya bahasa Indonesia masih belum tersedia. Sobat Hunter pilih saja English (bahasa Inggris).
Tinggalkan sejenak XAMPP, langkah selanjutnya adalah cari file Wordpress yang telah sobat Hunter Download, kemudia Ekstrak file Wordpress.zip terserah sobat Hunter mau di ekstrak dimana, setelah selsai, hasil ektrak-an tadi yaitu berupa satu folder wordpress pidah ke directori C:\ xampp\ htdocs atau di directori kalian meng-install XAMPP.


Kemudian yang harus dilakukan adalah kembali ke browser “localhost” tadi yang dempat kita abaikan. Perhatikan menu sebelah kiri bawah, pada menu tools klik phpMyAdmin.

Klik, setelah itu akan muncul layar seperti ini:

Di sini kita disuruh untuk membuat data base baru :
Pada kotak “create new database”  ketik nama data base yang akan kita buat yaitu wordpress” tanpa tanda petik, kemudian klik “create”. Jika berhasil akan muncul seperti gambar :

Kemudian pada browser sobat Hunter ketik “localhost/wordpress pada address bar. Di langkah ini adalah configurasi dan installasi WordPress. Klik “Create a Configuration file” kemudian klik “Lets Go”, akan muncul seperti gambar :


Pada gambar di atas sobat Hunter harus mengisikan Database name dengan database yang telah kita buat di awal yaitu "wordpress" tanpa petik, User Name database secara default di localhost adalah "root", password   dikosongkan saja, pada table prefix biarkan saja, lalu klik submit.

Selanjutnya klik “Run the Install”

pada halaman selanjutnya sobat Hunter diharuskan mengisi semua yang dibutuhkan  antar lain : Site Tittle, username, password dan e-mail kemudian klik Instal Wordpress,

setelah itu sobat Hunter Log in sesuai dengan username dan password yang kalian buat.


Jenjreengggggg, akhirnya Wordpressberhasil diinstall di komputer “localhost”

Agak Ribet tapi dengan mengikuti tutorial ini sobat Hunter pasti bisa Menginstall WordPress di Localhost.
Selalu semangat berbagi ilmu yang kita miliki.
selamat mencoba dan Sukses. amien....

0 comments:

Post a Comment