Thursday, January 17, 2013

Cara Register OCX Visual Basic 6.0 di Windows 7

Sebelum membahas bagaimana Cara Register OCX Visual Basic 6.0 di Windows 7 terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan OCX (OLE Custom Control) adalah modul program independen yangdapat diakses oleh program lain pada lingkungan Windows.
file *.OCX dapat disimpan di directory/folder aplikasi atau program yang dibuat dan meregistrasinya langsung, tapi kelemahanya adalah jika file.ocx tersebut dipindah di directory atau folder lain maka harus melakukan registrasi lagi, itu akan membuat kerepotan.
Untuk mempermudah maka copykan file *.ocx tersebut di dalam directory c:windows\system32\ kemudian meregistrasinya. Jika file *.ocx tersebut disimpan di directory c:windows\system32\ maka cukup satu kali saja meregistrasinya.
Berikut Beberapa cara meregistrasi file *.ocx :
1. Jika file *.ocx disimpan di directory aplikasi. Buka Notepad lalu ketikkan code berikut :


regsvr32.exe XPButton.OCX

Keterangan : XPButton.OCX adalah nama file *.ocx yang akan diregistrasi. Kemudian simpan dengan nama terserah sobat Hunter tapi harus berextensi .BAT dan simpan di directory aplikasi/program sobat Hunter. Dalam satu file.BAT bisa untuk registrasi semua file ocx yang ada di directory aplikasi/program sobat Hunter. Untuk menjalankan tinggal klik 2x, jika tidak bisa maka Run as Administrator.

2. Jika file *.ocx mau dicopy ke c:windows/system32 dan mergistrasinya ketik code berikut :

copy XPButton.ocx c:\windows\system32
regsvr32 XPButton.ocx


Lalu simpan dengan nama recogx.bat lalu klik 2x

3. Melalui menu Run pada windows :
tekan tombol windows(Logo)+R secara bersamaan, kemudian ketikkan "Regsvr32.exe XPButton ocx" (tanpa tanda petik) dan tekan enter. XPButton.ocx adalah nama file ocx yang akan diregistrasi

Sekian dulu Share ilmu Noeng-Hunter. mudah-mudahan artikel Cara Register OCX Visual Basic 6.0  di Windows 7 bisa bermanfaat...amien...

Happy Coding.....

0 comments:

Post a Comment